Media Informasi PUK SPAMK FSPMI PT SAMI TF

Jumat, 05 Januari 2018

Sejarah PUK SPAMK FSPMI PT.SAMI-TF

Tentang Serikat Pekerja

Pimpinan Unit Kerja Serikat Pekerja Automotif Mesin dan Komponen Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia PT.Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia – Tugu Factory ( PUK SPAMK FSPMI PT.SAMI-TF ) dideklarasikan di Kab. Semarang pada Tanggal 27 November 2015  bersamaan dengan PUK SPAMK FSPMI PT.SAMI-BBF dan PUK SPAMK FSPMI PT.SAMI-JF. Latar belakang didirikannya Serikat Pekerja ini adalah keinginan dari sekumpulan pekerja PT.SAMI Tugu Factory   yang mempunyai tujuan untuk lebih meningkatkan kesejahteraan para pekerja dan keluarganya sesuai yang diamanatkan dalam UU No 21 Tahun 2000 Tentang Serikat Pekerja  / Serikat buruh.


Maksud dan Tujuan

Mengisi dan Mewujudkan cita-cita proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, Menghimpun, membina dan menyatukan gerakan kaum pekerja dalam lapangan pekerjaan dan sektor AMK serta mewujudkan kesetiakawanan dan solidaritas diantara pekerja, Mewujudkan kesejahteraan pekerja dan keluarganya di wilayah Kota Semarang pada khususnya dan di wilayah Prov Jawa Tengah pada umumnya serta meningkatkan syarat – syarat kerja dan kondisi kerja serta meningkatkan Hubungan Industrial yang dinamis dan harmonis demi terwujudnya ketenagakerjaan dan ketenagausahaan demi meningkatnya produktivitas menuju tercapainya taraf hidup dan kesejahteraan pekerja serta keluarganya.


Sejarah Singkat Berdirinya SPAMK FSPMI PT.SAMI-TF

Awal berdirinya SPAMK FSPMI PT.SAMI-TF  secara kronologis bermula dari keluarnya Ketua dan jajaran pengurus Serikat Pekerja dari keanggotaan IKASAMI kemudian diikuti pula oleh sebagian besar anggotanya untuk kemudian mendirikan Serikat Pekerja yang baru yang berafiliasi dengan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) pada tanggal 27 November 2015, setelah melalui beberapa tahapan untuk membentuk PUK yang baru, disamping Serikat Pekerja IKASAMI. Mereka beralasan keluar dari keanggotaan IKASAMI  dikarenakan sifatnya yang mandiri, IKASAMI hanya berjuang untuk mensejahterakan anggota dan keluarga karyawan PT.SAMI itu sendiri.

Maka dari itu untuk mencapai tujuan yang lebih besar lagi yaitu mensejahterakan anggota dan keluarganya dalam lingkup yang lebih besar di Kota Semarang pada khususnya dan Prov. Jawa Tengah pada umumnya. Walaupun dalam perusahaan PT.SAMI terdapat 2 Serikat Pekerja yaitu IKASAMI dan PUK SPAMK FSPMI PT SAMI-TF, akan tetapi tidak ada perselisihan antara kedua Serikat Pekerja ini hingga lambat laun banyak anggota IKASAMI yang keluar dari keanggotaan IKASAMI dan memilih bergabung dengan PUK SPAMK FSPMI PT SAMI TF. Hingga akhirnya IKASAMI akhirnya membubarkan diri karena banyak ditinggalkan oleh para anggota dan pengurusnya.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support